Pages

Labels

Jumat, 02 November 2012

ROTAVIRUS

Pengertian
            Rotavirus adalah virus yang umum dan menular yang menyebabkan muntah dan diare. Pada anak usia lima tahun, hampir setiap anak di dunia telah terinfeksi dengan rotavirus setidaknya sekali. Namun setiap terinfeksi, tubuh mengembangkan antibody sehingga infeksi berikutnya kurang parah.
            Ada lima tipe dari virus ini, disebut sebagai a, b, c, d, dan e. Rotavirus a, yang paling umum, menyebabkan lebih dari 90% infeksi pada manusia. Dilihat dari strukrutnya, rotavirus hampir memiliki susunan RNA yang sama dengan influenza.
Sebuah mikrograf elektron dari partikel rotavirus tunggal, melainkan bulat dan terlihat seperti roda
Penyebab
rotavirus-7.jpgRotavirus adalah salah satu yang paling sering menyebabkan diare pada anak. Di seluruh dunia virus tersebut menyebabkan lebih dari 600.000 kematian dalam satu tahun, kebanyakan di negara berkembang. Infeksi menyebar terutama dengan menelan materi yang terkontaminasi oleh virus. Orang dewasa bisa menjadi terinfeksi, tetapi penyakit yang serius jarang terjadi.


Penularan
            Penyakit diare dapat ditularkan melalui:
      Pemakaian botol susu yang tidak bersih
      Menggunakan sumber air yang tercemar
      Buang air besar disembarang tempat
      Pencemaran makanan oleh serangga (lalat, kecoa, dll) atau oleh tangan yang kotor.
Diagnosa
            Dokter biasanya tidak melakukan tes untuk mendeteksi rotavirus sampai mereka berusaha untuk mengidentifikasikan perjangkitan. Ketika diperlukan, contoh tinja dikirim untuk tes antigen cepat. Kebanyakan anak dirawat di rumah sakit dengan gastroenteritis diuji untuk rotavirus a. Di Negara maju untuk mendeteksi dan mengidentifikasi virus ini dengan  reverse transkripsi-polymerase chain reaction ( rt-pcr ) yang teruji dapat mendeteksi dan mengidentifikasi semua spesies dan serotipe rotavirus manusia.
Pengobatan
            Untuk membantu meringankan diare, diberikan obat seperti
v  difeoksilat,
v  codein,
v  paregoric (opium tinctur),
v  loperamide.
            Kadang-kadang, bulking agents yang digunakan pada konstipasi menahun (psilium atau metilselulosa) bisa membantu meringankan diare.
            Untuk membantu mengeraskan tinja bisa diberikan
Ø  kaolin,
Ø  pectin, atau
Ø  attapulgit aktif.
            Bila diarenya berat sampai menyebabkan dehidrasi, maka penderita perlu dirawat di rumah sakit dan diberikan cairan pengganti dan garam melalui infus. Selama tidak mual dan tidak muntah bisa diberikan larutan yang mengandung air, gula dan garam.
Pencegahan
      Pemberian vaksin rotavirus Dua vaksin terhadap infeksi rotavirus a adalah aman dan efektif dalam anak adalah rotarix dan rotateq .
      Mengurangi mengkonsumsi dan berinteraksi dengan hewan ternak pembawa virus
      sering mencuci tangan

0 komentar:

Posting Komentar