SAP PROMKES Efek Game Online
SATUAN ACARA PENYULUHAN
EFEK GAME ONLINE
TERHADAP KESEHATAN REMAJA
TOPIK
: CANDU
GAME ONLINE MELANDA REMAJA
SUB
POKOK BAHASAN : Efek positif dan negatif Game
Online terhadap kesehatan remaja
SASARAN : Remaja usia 10 – 18
tahun, berjumlah 15 Orang
TEMPAT : Aula Graha Bhakti
Kabupaten Indramayu
WAKTU : 24 Oktober 2012,
Selama 20 Menit
PENYULUH : Septian Nasution
A. Analisa Situasi
Arus globalisasi saat ini semakin
luas dan berkembang dengan cepat, tak terkecuali di dunia maya / dunia
internet, dunia yang luas tak terbatas dengan segala sesuatunya bermunculan di
dalam sana. Ada dampak positif ada juga dampak negatif yang terkandung di
dalamnya.
Dunia
internet saat ini sudah banyak di kenal di
kalangan para anak – anak, remaja hingga orang tua sekalipun atau bisa di
bilang hampir semua kalangan bisa menggunakan internet. Akses internet bisa
digunakan berbagai macam, seperti Browsing untuk mencari sumber informasi,
sarana dalam mencari pundi pundi dollar dengan ngeblog, bertukar fikiran di
forum forum, saling bersilaturahmi dengan social network seperti facebook,
twitter dsb dan jika sudah bosan dengan segala aktivitas online lainnya, bisa
memanfaatkan fasilitas game online yang sudah banyak bertebaran di jagat
maya ini.
B. Diagnosa
Keperawatan
® Kurang
pengetahuan b.d kurang terpaparnya informasi mengenai efek game online.
C. Tujuan
Instruksional Umum
Setelah mendapatkan penjelasan tentang
efek negatif dan positif game online terhadap kesehatan remaja, diharapkan
remaja dapat mengerti akan efek keseluruhan dari game online terhadap kesehatan tubuh remaja.
D. Tujuan
Instruksional Khusus
Setelah mendapatkan penjelasan tentang
efek negatif dan positif game online selama 20 menit, di harapkan remaja mampu:
1. Menjelaskan
efek positif game online
2. Menjelaskan
efek negatif game onlne secara umum
3. Menjelaskan
efek game online terhadap kesehatan
E. Isi
/ Bahan Materi
Permainan game online bagi kalangan remaja, pelajar tingkat
pertama hingga menengah bahkan anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi di
zaman sekarang ini. Banyak fakta yang kita jumpai, dengan survey ke
warnet-warnet maka tidak jarang kalangan remaja bahkan anak-anak yang sedang
maen game online. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya
permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia bahkan
sampai ke pedesaan. Perkembangan warnet di Indonesia semenjak beberapa tahun
terakhir terlihat sangat pesat.
Apa yang dilakukan pelajar tersebut
terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk
meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara
sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi
anak – anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang
sekolah.
Dampak
positif game online
1. Permainan
game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan
cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin,
2. Meningkatkan
konsentrasi.Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena
mereka harus menyelesaikan beberapa tugas,
3. Meningkatkan
koordinasi tangan dan mata,
4. meningkatkan
kemampuan membaca,
5. Meningkatkan
kemampuan berbahasa inggris,
6. Meningkatkan
pengetahuan tentang komputer,
7. Meningkatkan kemampuan mengetik.
Dampak
Negatif Game Online
1. Menimbulkan
adiksi (Kecanduan) yang kuat,
2. Mendorong melakukan hal-hal negative,
3. Berbicara kasar dan kotor,
4. Terbengkalainya
kegiatan di dunia nyata,
5. Perubahan pola makan dan istirahat,
6. Pemborosan,
7. Tidak
kenal waktu,
8. Mengganggu kesehatan
a. Eye
strain
b. Ambeien
c. Carpal
tunnel syndrome
d. Menurunkan
metabolisme
sebenarnya
ini efek-efek yang ditimbulkan diatas tidak terbatas pada game online saja
tetapi juga bisa terjadi pada sebagian besar orang yang memainkan konsol game
atau game pada ponsel pintar karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya
pemainnya ingin memainkannya secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi
dampaknya lebih besar pada online gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.
F. Metode
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
G. Media
a. Laptop
b. LCD
H. Proses
Kegiatan Penyuluhan
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
1
|
2 menit
|
·
Pendahuluan
·
Menyampaikan salam
·
Menjelaskan tujuan
·
Kontrak waktu
·
Tes Awal
|
·
Membalas Salam
·
Mendengarkan
·
Memberi Respon
|
2
|
15 menit
|
·
Menjelaskan efek positif game online
·
Menjelaskan efek negatif game online
·
Menjelaskan efek negatif game online terhadap
kesehatan
·
Tanya Jawab
|
·
Mendengarkan dengan penuh perhatian
·
Menanyakan yang belum jelas
|
3
|
3 menit
|
·
Penutup
·
Menyimpulkan hasil penyuluhan
·
Memberi salam penutup
|
·
Aktif
bersama menyimpulkan
·
Membalas
salam
|
I. Evaluasi
a. Jelaskan
3 dari 7 efek positif game online
b. Jelaskan
3 dari 8 efek negatif game online secara umum
c. Jelaskan
beberapa efek negatif game online terhadap kesehatan
J. Sumber
Maksih ka bermnfaat bgt klau buat sd cocoknya apa ya kaa ininkan cocok buat remaja anak smp gtu klau sd ka
BalasHapus