SAP PROMKES Efek Game Online


SATUAN ACARA PENYULUHAN
EFEK GAME ONLINE TERHADAP KESEHATAN REMAJA

TOPIK                                 : CANDU GAME ONLINE MELANDA REMAJA
SUB POKOK BAHASAN : Efek positif dan negatif Game Online terhadap kesehatan remaja
SASARAN                          : Remaja usia 10 – 18 tahun, berjumlah 15 Orang
TEMPAT                             : Aula Graha Bhakti Kabupaten Indramayu
WAKTU                              : 24 Oktober 2012, Selama 20 Menit
PENYULUH                       : Septian Nasution

 A.    Analisa Situasi
Arus globalisasi saat ini semakin luas dan berkembang dengan cepat, tak terkecuali di dunia maya / dunia internet, dunia yang luas tak terbatas dengan segala sesuatunya bermunculan di dalam sana. Ada dampak positif ada juga dampak negatif yang terkandung di dalamnya.

Dunia internet saat ini sudah banyak di kenal di kalangan para anak – anak, remaja hingga orang tua sekalipun atau bisa di bilang hampir semua kalangan bisa menggunakan internet. Akses internet bisa digunakan berbagai macam, seperti Browsing untuk mencari sumber informasi, sarana dalam mencari pundi pundi dollar dengan ngeblog, bertukar fikiran di forum forum, saling bersilaturahmi dengan social network seperti facebook, twitter dsb dan jika sudah bosan dengan segala aktivitas online lainnya, bisa memanfaatkan fasilitas game online yang sudah banyak bertebaran di jagat maya ini.

B.     Diagnosa Keperawatan
®    Kurang pengetahuan b.d kurang terpaparnya informasi mengenai efek game online.

C.     Tujuan Instruksional Umum
Setelah mendapatkan penjelasan tentang efek negatif dan positif game online terhadap kesehatan remaja, diharapkan remaja dapat mengerti akan efek keseluruhan dari game online  terhadap kesehatan tubuh remaja.

D.    Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mendapatkan penjelasan tentang efek negatif dan positif game online selama 20 menit, di harapkan remaja mampu:
1.    Menjelaskan efek positif game online
2.    Menjelaskan efek negatif game onlne secara umum
3.    Menjelaskan efek game online terhadap kesehatan

E.     Isi / Bahan Materi
Permainan game online bagi kalangan remaja, pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi di zaman sekarang ini. Banyak fakta yang kita jumpai, dengan survey ke warnet-warnet maka tidak jarang kalangan remaja bahkan anak-anak yang sedang maen game online. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai ke pedesaan. Perkembangan warnet di Indonesia semenjak beberapa tahun terakhir terlihat sangat pesat.
Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak – anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah.

Dampak positif game online
1.      Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin,
2.      Meningkatkan konsentrasi.Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas,
3.      Meningkatkan koordinasi tangan dan mata,
4.      meningkatkan kemampuan membaca,
5.      Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris,
6.      Meningkatkan pengetahuan tentang komputer,
7.       Meningkatkan kemampuan mengetik.

Dampak Negatif Game Online
1.      Menimbulkan adiksi (Kecanduan) yang kuat,
2.       Mendorong melakukan hal-hal negative,
3.       Berbicara kasar dan kotor,
4.      Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata,
5.       Perubahan pola makan dan istirahat,
6.       Pemborosan,
7.      Tidak kenal waktu,
8.       Mengganggu kesehatan
a.       Eye strain
b.      Ambeien
c.       Carpal tunnel syndrome
d.      Menurunkan metabolisme
sebenarnya ini efek-efek yang ditimbulkan diatas tidak terbatas pada game online saja tetapi juga bisa terjadi pada sebagian besar orang yang memainkan konsol game atau game pada ponsel pintar karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya pemainnya ingin memainkannya secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi dampaknya lebih besar pada online gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.

F.      Metode 
a.    Ceramah
b.    Tanya Jawab 
 
G.    Media
a.    Laptop
b.    LCD

H.    Proses Kegiatan Penyuluhan
No
Waktu
Kegiatan
Sasaran
1
2 menit
·         Pendahuluan
·         Menyampaikan salam
·         Menjelaskan tujuan
·         Kontrak waktu
·         Tes Awal

·         Membalas Salam
·         Mendengarkan
·         Memberi Respon

2
15 menit
·         Menjelaskan efek positif game online
·         Menjelaskan efek negatif game online
·         Menjelaskan efek negatif game online terhadap kesehatan
·         Tanya Jawab
·         Mendengarkan dengan penuh perhatian
·         Menanyakan yang belum jelas
3
3 menit
·         Penutup
·         Menyimpulkan hasil penyuluhan
·         Memberi salam penutup
·         Aktif bersama menyimpulkan
·         Membalas salam


I.       Evaluasi
a.    Jelaskan 3 dari 7 efek positif game online
b.    Jelaskan 3 dari 8 efek negatif game online secara umum
c.    Jelaskan beberapa efek negatif game online terhadap kesehatan

J.       Sumber

Komentar

  1. Maksih ka bermnfaat bgt klau buat sd cocoknya apa ya kaa ininkan cocok buat remaja anak smp gtu klau sd ka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini